GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!

Translating posting

PENGAJUAN NUPTK BARU MELALUI SITUS PADAMU NEGERI

Share on :


Melalui situs PADAMU NEGERI akan diterbitkan layanan khusus Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Pengajuan NUPTK Baru hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum menerima NUPTK.
Untuk memperoleh NUPTK baru dengan persyaratan sebagai berikut :
  • Bertugas sebagai guru, kepala sekolah, dan pengawas pada jenjang TK,SD, SMP, SLB, SMA, dan SMK di sekolah dalam binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Memiliki status kepegawaian PNS/CPNS maupun Non PNS.
  • Bagi PTK yang Non PNS harus memenuhi syarat:
    • Bila bertugas di sekolah negeri dibuktikan dengan SK pengangkatan dari Bupati/Walikota.
    • Bila bertugas di sekolah swasta memiliki SK pengangkatan guru tetap yayasan (GTY) selama 4 tahun berturut-turut (terhitung mulai 1 Januari 2009) yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan.
Mulai per tanggal 24 Juni 2013 pk. 13.00 WIB proses Registrasi PTK sebagai syarat proses pengajuan NUPTK Baru bisa dilaksanakan.

Setiap PTK yang belum memiliki NUPTK bisa melakukan proses Registrasi PTK terlebih dahulu untuk mendapatkan PegID (Pegawai Register ID). Silakan unduh formulir-a05.pdf (Untuk seluruh PTK) atau formulir-a06.pdf (Untuk Pengawas Sekolah) untuk memulai proses Registrasi PTK. Formulir tersebut di isi oleh PTK atau Pengawas Sekolah, setelah itu d serahkan kepada Operator Sekolah.
Bagi Pendidik (Guru), Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang memenuhi syarat dapat meneruskan proses Registrasi PTK nantinya untuk proses pengajuan NUPTK Baru.
Alur prosedur Registrasi PTK dan Pengajuan NUPTK Baru termasuk persyaratannya dapat dipelajari lebih lanjut di DISINI, Unduh surat Edaran Layanan PADAMU NEGERI 2013 DISINI

Ringkasan Proses Aktivasi Akun PTK dari Operator Sekolah :

  1. Aktivasi Akun PTK di http://padamu.siap.web.id/
  2. Setelah itu Klik Aktivasi Akun PTK dan masukkan NUPTK dan Kode Aktivasi yang diberikan oleh Operator Sekolah kepada PTK, kemudian Klik Lanjut.
  3. Isikan Password dan Email anda, kemudian Klik Lanjut. 
  4. Setelah di tampilkan halaman Konfirmasi, Klik Simpan.
  5. Setelah berhasil aktivasi silahkan lengkapi Data dengan Login PTK, serta masukan password baru yang mudah diingat oleh PTK setelah itu Simpan
  6. Atau Login Kembali di http://padamu.siap.web.id/ dengan memperhatikan hak akses masuk di Padamu Negeri yaitu untuk PTK : Login PTK, masukan Email/SIAPID/NPSN/NUPTK/PEGID dan password yang terakhir dibuat pada point ke 3 diatas
  7. Setelah Log in berhasil silahkan PTK YBS mengisi Hak Angket EDS yang berjumlah 50 Pertanyaan setelah itu simpan
  8. Silahkan isi kembali Data Rinci yang sebenarnya dan tidak bersifat mengarang dan data yang diisi bersifat AKUNTABEL sebagai PTK setelah itu simpan
  9. Pada Poit 1-6 Ptk sudah melakukan verval levl.1 dengan status bintang 2 pada aktivasi sekolah induk.
  10. untuk verval lvl.2 itu diminta ke operator sekolah Induk masing-masing PTK
  11. Maka NUPTK Dinyatakan Parmanen
Perlu di Ingat Bahwa Untuk Proses Verval :
  1. PTK yang sudah Aktivasi dan sudah mengisi Angket EDS maka status di Akun Aktivasi Sekolah Berinisial Bintang 2 
  2. PTK Yang sudah mencetak Acuan Data dokumen dari operator sekolah maka status NUPTK dinyatakan Pada Verval Lvl.2 serta dinytakan juga Aktif Permanen
  3. PTK yang ingin mengedit Data EDS bisa dilakukan.kecuali Operator Sekolah Mengecek dan Meng-Verifikasi Data PTK YBS lewat aktivasi Akun Sekolah. 
  4. Semoga Bermanfaat untuk PTK Terima Kasih.

Link Alternatif untuk Unduh Formulir NUPTK dan Langkah-langkah pengajuan NUPTK
Formulir A05 KLIK DISINI
Formulir A06 KLIK DISINI
Panduan Untuk PTK KLIKDISINI
Panduan Untuk Operator Sekolah KLIKDISINI

20 comments on PENGAJUAN NUPTK BARU MELALUI SITUS PADAMU NEGERI :

Han Auliya said... July 20, 2013 at 10:00 AM

Mass g mana cara mendapatkan Akun....

G. MANGKE said... July 20, 2013 at 10:39 PM

AKUN YANG MANA INI?
KL AKUN SEKOLAH D DAPAT LEWAT oPERATOR KABUPATEN, SEDANGKAN AKUN PTK D DAPATKAN LEWAT OPERATOR SEKOLAH

Anonymous said... July 24, 2013 at 1:52 AM

saya sudah melkasanakan semua nya..sudah bintang 4 tetapi pengajuan NUPTK baru belum bisa dan belum ada dashboard nya...apakah saya harus menyerahkan ke dinas setempat dulu baru aktif

G. Mangke said... July 24, 2013 at 10:10 AM

Mantap Bro...

menir said... August 31, 2013 at 2:28 PM

aduh ribet ya pak

delita said... August 31, 2013 at 2:29 PM

fungsinya untuk apa gan NUPTK itu

G. Mangke said... August 31, 2013 at 7:31 PM

Setelah Bintang 4, login d Akun PTK dan Cetak Pengajuan NUPTK Baru. Tanda Tangan dan serahkan ke Operator Kabupaten. Setelah Itu anda akan mendapatkan bukti S10a dan S09. Jilid bersama dengan berkas2 yang lain dan d serahkan ke Operator Kabupaten.

Lumayan agak Ribet. tapi jika telaten akan berhasil mendapatkan NUPTK

Fungsi NUPTK bisa dilihat disini http://mangkepost.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-nuptk-secara-online.html

Anonymous said... September 6, 2013 at 8:28 PM

bukti S10 dan S09 itu dikeluarkan oleh operator sekolah atau operator kabupaten??

G. Mangke said... September 7, 2013 at 8:20 AM

Setelah anda mendapatkan bintang 4, buka akun PTK anda dan download formulir S06. anda menandatangani formulir tersebut dan d antar k operator Kabupaten untuk menerima S10 dan S09.

Anonymous said... February 12, 2014 at 2:47 PM

kalau akun sdh bintang 2, bgm lngkh slnjutny spy bs bintang 4?
thanks

G. Mangke said... February 13, 2014 at 7:57 PM

setelah bintang 2 bawah semua berkas yg telah di input beserta S03 ke operator sekolah. kemudian operator sekolah akan memeriksa berkas. operator akan mencari data di PADAMU NEGERI berdasarkan NUPTK/PegID yg tertera di surat. setelah itu di verifikasi dan anda akan mendapatkan tanda bukti verval level 2 S04 dan Pakta Integritas S07. pakta integritas di tandatangan meterai dan d bawah k operator kabupaten dinas pendidikan untuk mendapatkan tanda bukti level 4 S08. ini prosedur untuk PTK yg sudah ada NUPTK dan tingal VerVal.

Anonymous said... February 20, 2014 at 7:52 PM

apakah benar harus masa kerja 4 tahun dulu? akun saya tidak ada pilihan "pengajuan NUPTK" ini apa yang kurang? atau ada yang salah?

aris.a.fillah said... March 11, 2014 at 10:44 AM

Setelah Bintang 4, login d Akun PTK dan Cetak Pengajuan NUPTK Baru. Tanda Tangan dan serahkan ke Operator Kabupaten. Setelah Itu anda akan mendapatkan bukti S10a dan S09. Jilid bersama dengan berkas2 yang lain dan d serahkan ke Operator Kabupaten.
dan setelah itu, sejak 2013 sampai dengan SEKARANG (Maret 2014), tetap saja masih hanya memiliki Peg ID, NUPTK Belum muncul, bagaimana ya solusinya ??
Terimakasih..

G. Mangke said... March 11, 2014 at 2:02 PM

Anonymous@ masa kerja harus 5 tahun untuk membuat NUPTK. pilihan "Pengajuan NUPTK Baru" bagi PTK yg belum punya NUPTK ada di bagian kiri bawah. coba anda lihat d sana?

aris.a.fillah@ seharusnya data anda yang ada di Operator Kabupaten di bawah ke LPMP untuk periksa kembali datanya. dan setelah dinyatakan lulus, mk anda akan mendapatkan NUPTK dengan bukti S11. coba anda tanyakan kepada operator Kabupaten, apakah data anda telah di kirim ke LPMP.

Anonymous said... March 28, 2014 at 12:49 PM

apakah yang honor di sekolah lebih dari 5 tahun tanpa SK walikota/bupati tidak layak mendapatkan nuptk.... terima kasih atas pendapatnya.

G. Mangke said... March 31, 2014 at 9:43 PM

Bagi yang honor di sekolah Negeri lebih dari 5 tahun dan tidak mempunyai SK Bupati/Walikota, tidak dapat mengajukan NUPTK baru. sebab syarat utama mempunyai NUPTK bagi Honorer di sekolah Negeri adalah punya SK Bupati/Walikota. sedangkan bagi Honorer di sekolah Yayasan ato Swasta lebih dari 5 tahun, bisa mengajukan NUPTK dengan syarat harus mempunyai SK Honor dari Yayasan.

Anonymous said... April 13, 2014 at 7:27 AM

punteun mau tanya kalau untuk membuat Sk bupati/walikota alurnya dari mana Yah pa?
Mohon infonya

G. Mangke said... April 13, 2014 at 11:37 AM

coba tanya aja langsung ke kantor Bupati/Walikota. karena stau saya Bupati/Walikota sudah tidak mengeluarkan SK Honorer.

Anonymous said... April 15, 2014 at 7:50 PM

owh bgtu yah pa,
tp ttp di persyaratan harus ada sk Bupati yah pa

G. Mangke said... April 19, 2014 at 6:43 PM

ya memang begitu..
karena yg d utamakan adalah yg honorer lama yang masa kerjanya dari 2008. pada tahun itu Bupati/Walikota masih mengeluarkan SK Honorer.

Post a Comment and Don't Spam!

SEBAGAI PEMBACA YANG BAIK, SEHARUSNYA MEMBERIKAN KOMENTAR. TAPI HARUS MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Google+ Followers

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Post