GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!

Translating posting

SEPUTAR KEGAGALAN SINKRONISASI DATA PAS SMA, SMK DAN SMLB

Share on :


        Banyak operator Data PAS yang bingung dan bahkan sampai ada yang menyerah ketika mereka mengirim Data Aplikasi PAS. Saya pun sempat juga bingung ketika Sinkron data yang tidak kunjung sukses. Namun, setelah mencoba terus dan juga bertanya kepada Tim Teknis Aplkasi PAS, akhirnya bisa juga Sinkron dan Data PAS saya sukses terkirim di DAPODIKMEN. Sekarang setelah saya sukses sinkronisasi data PAS punya sekolah, maka sekarang saya akan bagikan kepada Operator-operator data PAS melalui blog ini.

1. Mengapa saya gagal singkronisasi PTK dan harus di sesuaikan data referensi NUPTK??.
Jawaban :
Sejak perubahan kebijakan  nama dari Pendataan Online Pendidikan Menengah ke DAPODIKMEN 2013 pada bulan Juli 2013, NUPTK dijadikan salah satu referensi pendataan, sehingga bila ada NUPTK di aplikasi PAS yang belum terisi datanya atau belum ada di referensi DAPODIKMEN, maka data PTK mengalami kegagalan ketika di sinkron. Langkah yang harus dilakukan yakni :
a. Lengkapi terlebih dahulu data PTK yang sudah ada di referensi NUPTK DAPODIKMEN
b. Sinkronisasi data Pegawai, jika masih ada pesan kegagalan NUPTK, diabaikan saja krn dimungkinkan masih ada PTK yang masih belum sesuai dengan referensi.
c. Setelah itu cek data status PTK sekolah yang bersangkutan di data server DAPODIKMEN.

2. Mengapa Data PTK Sekolah saya di DAPODIKMEN menjadi Nol (0) ?
Jawaban :
karena sekolah yang bersangkutan belum update data PTK yang sudah terisi NUPTK dengan benar sesuai dengan referensi yang tersedia di Server DAPODIKMEN.

3. Mengapa data PTK sekolah saya di DAPODIKMEN berbeda dengan yang ada  di data PAS ?
Jawaban
Operator akan mencoba terus untuk menyesuaikan data antara di PAS dan di DAPODIKMEN, jika ada perbedaaan atau tidak sama, biasanya ada kesalahan tulis. hal ini sering terjadi karena prosesnya melalui copy / paste, sehingga ada spasi di depan atau di belakang NUPTK yang tidak disadari, coba cek sekali lagi. Jika masih ragu, bisa cek di database menggunakan tools sqlyog atau MS Access. Setelah di perbaiki, lakukan Sinkronisasi ulang pegawai. usahakan cache di browsernya di clear dan coba ulang lagi Sinkronisasi Pegawai. Jika masih belum sukses juga, Tekan tombol F5 (refresh). Trik ini biasaya jitu dan sudah banyak operator yang sukses dengan cara ini untuk merefresh data PTK agar sama data antara di PAS dan DAPODIKMEN.

4. Bagaimana NUPTK yang ada direferensi NUPTK DAPODIKMEN ternyata sudah tidak aktif, mutasi dan atau sudah menginggal dunia?
Jawaban :
Bagi Sekolah yang datanya mengalami perubahan PTK karena mutasi, tidak aktif dan meninggal dunia, operator segera melaporkan perubahan NUPTK tersebut ke email budipermana@hotmail.com
 
5. Bagaimana PTK yang masih belum memiliki NUPTK?.
Jawaban :
Bagi PTK yang sudah memilik tapi belum terdaftar di DAPODIKMEN atau PTK yang belum memiliki NUPTK, maka operator bisa mendaftarkan PTK tersebut dengan cara :
a. Login ke DAPODIKMEN dengan username : NPSN dan Password : PIN (yg terdapat pada SI Integrator)
b. Klik Referensi - Formulir NUPTK (tersedia sekali permintaan 10 formulir, namun kalau jumlah PTK lebih dari 10 bisa di daftarkan kembali)
c. Isikan formulir NUPTK dengan lengkap dan benar, bila PTK sudah memiliki NUPTK silakan di isikan pada formulir. Bagi yang belum memiliki NUPTK, di kosongi saja, karena nanti akan di generate oleh sistem dengan awalan 5758 jika sudah di approved.
d. tunggu proses aproved oleh tim pendataan (1x24 jam)
e. untuk melihat sudah di approve atau belum coba pilih menu Status NUPTK
f. Bila sudah di Approved, maka NUPTK tersebut di isi pada aplikasi PAS dan lakukan sinkronisasi ulang.

6. Bagaimana Status NUPTK yang ada di DAPODIKMEN dan apa hubungannya dengan Verval padamu negeri
Status PTK yang belum memiliki NUPTK dan sudah di daftarkan di DAPODIKMEN dengan awalan 5758.... adalah NUPTK yang dijadikan referensi Pendatataan DAPODIKMEN yang sifatnya SEMENTARA. Namun demikian data NUPTK sementara tersebut akan dilaporkan ke PDSP yang terkategorikan menjadi tiga bagian. VALID, INVALID , Sementara. Valid artinya sesuai dengan data yang dimiliki oleh pdsp, Invalid : Entri yang dilakukan tidak sesuai, Sementara : Data NUPTK yang didaftarkan melalui pendataan DAPODIKMEN.
Bagaimana hubungannya dengan program padamu negeri ? sampai dengan artikel ini di tulis, Server DAPODIKMEN tidak terhubung dan terkoneksi dengan program padamu negeri dan tidak saling terkait (terintegrasi satu sama lain).

Semoga jawaban ini bisa membantu operator sekolah yang terkendala dengan Aplikasi PAS.

Sumber Sukari Darno

29 comments on SEPUTAR KEGAGALAN SINKRONISASI DATA PAS SMA, SMK DAN SMLB :

Sanny said... October 8, 2013 at 8:49 AM

tentunya kita sebagai OPS harus cermat dalam pengisian data, agar data yang di isi kan tidak salah, data yang dimiliki harus akurat dan benar.
namun saya gagal pengiriman bukan karena data tidak valid, hanya NPSN SMLB saya belum terbit, :)
tetap keep spirit rekan2 OPS

Anonymous said... December 7, 2013 at 8:53 PM

Bagaimana jika sinkronisasi tidak dapat dilakukan sebab NPSN tidak terdaftar, padahal NPSN sudah ada di PDSP??

Anonymous said... December 7, 2013 at 10:17 PM

mungkin waktu menginstal Aplikasi PAS tidak memilih sekolah anda.

bang andi said... December 9, 2013 at 7:59 AM

sy dari SMAN Sumsel, ada masalah peringatan bahwa server mendeteksi adanya pergantian komputer klien, dan data di sekolah saya s/d saat ini tidak bisa di sinkron, apakah ada solusi dari kawan2 senasib ? mhon bantuannya, Ket : disini sy bukan lupa PIN !, ttp mungkin reset PIN bisa jd solusi ?

Anonymous said... December 11, 2013 at 11:57 AM

Atau bisa juga karena anda mengganti Komputer ketika Sinkron Dapodikdas. karena IP Address Komputer ketika anda sinkron telah tercatat di server Dapodik. jadi kl sinkron dengan menggunakan komputer yg lain, mk biasanya akan muncul peringatan seperti itu...

Hidayatus DM said... January 15, 2014 at 12:01 PM

untuk referensi NUPTK jika sudah pernah mengajukan tapi masih ada beberapa PTK yang ketinggal dan belum mendapatkan referensi NUPTK, bagaimana solusinya????

G. Mangke said... January 19, 2014 at 8:54 PM

daftarkan NUPTK yg belum di referensi di situs DAPODIKMEN. langkah2nya :

Bagi PTK yang sudah memilik tapi belum terdaftar di DAPODIKMEN atau PTK yang belum memiliki NUPTK, maka operator bisa mendaftarkan PTK tersebut dengan cara :
a. Login ke DAPODIKMEN dengan username : NPSN dan Password : PIN (yg terdapat pada SI Integrator)
b. Klik Referensi - Formulir NUPTK (tersedia sekali permintaan 10 formulir, namun kalau jumlah PTK lebih dari 10 bisa di daftarkan kembali)
c. Isikan formulir NUPTK dengan lengkap dan benar, bila PTK sudah memiliki NUPTK silakan di isikan pada formulir. Bagi yang belum memiliki NUPTK, di kosongi saja, karena nanti akan di generate oleh sistem dengan awalan 5758 jika sudah di approved.
d. tunggu proses aproved oleh tim pendataan (1x24 jam)
e. untuk melihat sudah di approve atau belum coba pilih menu Status NUPTK
f. Bila sudah di Approved, maka NUPTK tersebut di isi pada aplikasi PAS dan lakukan sinkronisasi ulang.

Sulis tyowati said... January 22, 2014 at 6:02 AM

Bagaimana cara hapus nuptk yg sudah diapprove di dapodikmen , soalnya ad yg salah dan dobel misal
1.andi nuptk 62346xxxxx
2.ari nuptk 62346xxxxxx
3.andi nuptk 423444xxxx
4.uji nuptk075456xxxxxx
5.uji nuptk 075456xxxxx
bagaimna pak cara hapus nuptk yg dobel didapodik

Anonymous said... January 28, 2014 at 11:31 PM

MAS BRO KASUS KAMI SAMA DENGAN APA YANG DITANYAKAN MBAK SULIS TLONG PENJELASANYA MAS BRO MUMET AKU MAS BRO....

G. Mangke said... January 30, 2014 at 10:03 PM

untuk menghapus referansi NUPTK yg dobel, bisa menghubungi Tim Support DAPODIKMEN

Anonymous said... February 12, 2014 at 8:42 PM

Pak,, mhn bntuannya,, sya operator dr SMK N Kolbano Kupang, NTT,, sya sdh mndftarkn nmr NUPTK tmn-tmn ke DAPODIKMEN tpi sdh 2 hri dan smpai skrang blm diapproved,,mhn bntuannya,, trma kasih!

G. Mangke said... February 13, 2014 at 8:52 PM

untuk Aprroved Referensi NUPTK itu hanya dari situs dapodikmen. kita hanya tinggal menunggu aja hasilnya. memang agak lama. saya aja pernah hampir 1 minggu di approved. jadi bersabar aja. yang penting datanya jangan dobel.

widianto said... February 17, 2014 at 3:42 PM

pak,, mau tanya. ketika kita update data pas untuk data sekolahnya,, ternyata ada pesan bahwa NPSN belum terdaftar,silahkan hubungi admin pengelola. nah sedangkan NUPTK kami sudah ada. bagaimana pak solusinya. terimakasih

Anonymous said... February 18, 2014 at 10:18 AM

gimana carany menghapus data nuptk yang salah dan dobel
terima kasih

G. Mangke said... February 18, 2014 at 6:50 PM

Widianto@ NPSN Sekolah dengan NUPTK tidak berkaitan. kl permasalahannya dengan DAPODIKMEN itu karena NPSN belum terdaftar, brarti sekolah anda belom terdaftar di DAPODIKMEN. solusinya, kirim data sekolah k alamat email Tim Support DAPODIKMEN. nanti anda akan mendapatkan NPSN dari sana. Anonymous@ untuk menghapus NUPTK yg salah dan dobel, solusinya sama kirim data PTK yg salah dan perbaikannya k email Tim Support DAPODIKMEN.

salah satunya ini budipermana@hotmail.com

Anonymous said... February 18, 2014 at 8:56 PM

Saya mau tanya kalau punya saya, data ptk dan data guru kenapa ya kok gak bisa sinkron terus pada hal di situ tidak kamentar gagal sinkron. Saya sudah coba berkali2 sinkron tapi data dikmen blm masuk gimana solusinya. terima kasih

G. Mangke said... February 20, 2014 at 7:41 PM

ada kemungkinan itu krn sinyal internet. kl emang gagalnya krn mmg layar blang warna putih, itu krn sinyal internet, tapi kl ada peringatan NUPTK belum d referensi, brarti NUPTK guru dan pegawai d sekolah anda belum terdaftar d DAPODIKMEN. daftar PTK guru dan pegawai di situs DAPODIKMEN beserta dengan NUPTKnya. langkah2nya ada di no. 5 d atas.

Anonymous said... February 21, 2014 at 3:48 AM

Bagi yg gagal sinkron karena sistem mendeteksi pergantian komputer client, harap isikan pin anda dgn benar pada admin panel. Sesuaikan jg IP address, email dan no hp anda.jika lupa pin silahkan klik bantuan lupa pin di status update.

Anonymous said... February 21, 2014 at 4:01 AM

Semestinya untuk approve nuptk yg diajukan jgn terlalu lama rentang waktunya... seharusnya sistem bisa kerja lebih cepat.... cukup 1x24jam. semoga tim pendataan bisa memperbaiki kondisi ini... jd membantu kita operator di sekolah terpencil yg untuk kerja data online harus ke kota dulu... krn kita ini juga punya kewajiban mengajar. kasihan siswa yg ditinggalkan...

Anonymous said... February 24, 2014 at 9:23 AM

Terima kasih..
Info'x bermanfaat banget..' (y)

sudiro diro said... March 14, 2014 at 11:00 AM

Yang Saya alami saat ini adalah, data PAS sudah pas, tapi masih saja gagal sinkron, "" kemungkinan apa sajakah yang menyebabkan gagal sinkron ???? ""

G. Mangke said... March 16, 2014 at 10:03 PM

bisa jadi karena Sinyal Internet yang lemah, atau juga IP Server yg salah, atau bisa juga karena masalah2 yang ada di artikel ini. coba di cek dulu yang benar.

Anonymous said... March 20, 2014 at 6:31 PM

mas admin, bisa minta alamat web dapodikmen ga? thanks

Anonymous said... March 21, 2014 at 7:20 AM

Pak mau nanya apakh akan mengalami gagal singkron apabila ada PTK atau guru yng merangkap misal diya masuk di data guru dan masuk di tenaga admnistrasu.... mohon solusinya...... Mksih

G. Mangke said... March 21, 2014 at 4:33 PM

kalo anda buka SI Integrator dan klik Status Update, maka akan langsung menuju ke web DAPODIKMEN. atau kl tidak bisa coba alamat ini http://203.171.221.242/sipo_2


kl data guru yang merangkap Tenaga Administrasi tidak mengganggu gagal sinkron. yang menggagalkan sinkron adalah data guru atau admin yg belum memiliki NUPTK atau sudah memiliki NUPTK tetapi belum di referensi. atau bisa juga karena sinyal Internet yang lambat.

cari2sumber said... April 1, 2014 at 10:30 AM

Assalamualaikum Gan,,
Semua cara ane udah lakuin untuk keberhasilan sinkron.
permasalah yg ane dpt waktu singkronisasi PTK dari 50 guru cuma 3 guru aja yg berhasil masuk ke data pusat.
Dan yang bikin puyeng sampe sekarang TIDAK ADA PESAN ERROR apapun yg muncul sehingga saya kebingungan untuk mencari jawabannya..
Mohon Pencerahnnya

rina susanti said... April 1, 2014 at 2:26 PM

pak numpang tanya, kenapa saat sinkronisasi sukses telah menambah jumlah siswa, tetapi pada dapodikmen tidak bertambah juga. makasih pak

G. Mangke said... April 2, 2014 at 11:26 PM

cari2sumber@ biasanya kl masalah Sinkron PTK seperti yang anda alami, solusinya hanya anda harus mendaftarkan PTK2 yang tdk dapat sinkron di Referensi DAPODIKMEN. krn kl ga di daftarkan ke DAPODIKMEN, tidak akan bisa sinkron. langkah2nya :
a. Login ke DAPODIKMEN dengan username : NPSN dan Password : PIN (yg terdapat pada SI Integrator)
b. Klik Referensi - Formulir NUPTK (tersedia sekali permintaan 10 formulir, namun kalau jumlah PTK lebih dari 10 bisa di daftarkan kembali)
c. Isikan formulir NUPTK dengan lengkap dan benar, bila PTK sudah memiliki NUPTK silakan di isikan pada formulir. Bagi yang belum memiliki NUPTK, di kosongi saja, karena nanti akan di generate oleh sistem dengan awalan 5758 jika sudah di approved.
d. tunggu proses aproved oleh tim pendataan (1x24 jam)
e. untuk melihat sudah di approve atau belum coba pilih menu Status NUPTK
f. Bila sudah di Approved, maka NUPTK tersebut di isi pada aplikasi PAS dan lakukan sinkronisasi ulang.


rina susanti@ itu biasanya karena server DAPODIKMEN sedang sibuk. tunggu 3-4 hari, jika masih belum berubah juga. sinkron kembali... atau anda bisa juga sinkron kembali dalam 1 hari.

Anonymous said... May 18, 2014 at 9:21 AM

bagaimana solusi kalau PTK yang bersangkutan mengajar di 2 sekolah? Ketika di sinkronkan di sekolah induk data PTKnya sinkron tetapi ketika disinkronkan di sekolah yang lain data PTK tersebut tidak sinkronkan begitu sebaliknya. Mohon solusinya biar dua-dua data PTKnya muncul di Dapodikmen

Post a Comment and Don't Spam!

SEBAGAI PEMBACA YANG BAIK, SEHARUSNYA MEMBERIKAN KOMENTAR. TAPI HARUS MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Google+ Followers

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Post