TUNE UP PRAKTIS XP

TUNE UP PRAKTIS XP
Seperti diketahui, bahwa dari waktu ke waktu, sistem XP selalu mengalami penurunan kinerja, artinya kinerjanya tidak sebagus awalnya. Banyak hal yang menyebabkan penurunan kinerja XP ini. Seperti penginstalan program aplikasi, sehingga menyebabkan crash, penumpukan file-file sampah, atau terjadinya fragmebtasi pada hardisk. Hal-hal seperti itulah yang paling sering jadi penyebab turunya kemampuan sistem XP.
Untuk bisa mengembalikan performa XP yang berjalan lambat tadi memang beragam, bisa dari segi hardware, seperti penambahan RAM atau pemasangan komponen baru, atau dari segi software, sepeti pembersihan file-file sampah atau menata ulang program aplikasi yang telah terinstal. Peningkatan secara hardware jelas memakan biaya tambahan, jadi secara software akan jadi lebih praktis dan murah.
Sekarang saya akan menjelaskan beberapa langkah untuk meningkatkan kinerja XP secara sederhana dan murah :
  1. Langkah pertama adalah membackup sistem. Ini cukup berguna bila nantinya terjadi crash saat menginstal aplikasi baru. Untuk melakukan backup, anda bisa menggunakan software software backup yang banyak tersedia. Tapi lebih mudahnya, anda gunakan saja fasilitas backup yang telah disediakan XP. Untuk melakukan backup, login secara administrator, pilih start>all program>accessories>system tools>backup. Langkah selanjutnya ikutilah dialog box yang ditawarkan XP.
  2. Cek kondisi hardisk bila terjadi kesalahan. Hal ini cukup penting, karena bisa saja hardisk mengalami kerusakan dan menjadikan XP berjalan lambat. Untuk mengecek kondisi hardisk, klik icon my documents, klik kanan icon drive c:, lalu piljh properties. Dari situ pilih tools tab dan klik tombol check now. Lakukan langkah itu untuk mengecek kondisi disk lainnya.
  3. Defragment harddrive. Penggunaan PC yang lama besar kemungkinan terjadinya fragmentasi pada hardisk. Fragmentasi inilah yang menyebabkan kinerja PC jadi lambat. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan proses dfragmentasi, yaitu mengembalikan urutan bagian file, sehingga komputer bisa lebih cepat dalam membaca. Untuk melakukan dfragmentasi klik menu start>all program>accessories>system tools>disk dfragmenter. Sorotilah drive yang akan di dfragmentasi, lalu tekan tombol analyze. Tunggulah beberapa saat, XP akan nanti merekomendasikan untuk melakukan proses defrag. Bila XP merekomendasikan proses defragmentasi, klik icon dfragment.
  4. Hilangkan spyware. Saat ini banyak sekali spyware yang berkeliaran, apalagi bila komputer anda terhubung dengan internet. Untuk mencegah datangnya spyware ini, gunakanlah software anti spyware yang upto date, atau bisa menggunakan aplikasi antispyware gratis seperti Spybot Search & Destroy atau Adware.
  5. Membersihkan dari file sampah. File sampah atau file yang sudah tidak berguna lagi jelas akan mempengaruhi kinerja komputer. Untuk mendeteksi file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, klik menu start>all program>accessories>system tools>disk cleanup dan pilih drive yang ingin dibersihkan. Jangan kuatir, XP akan menganalisa dan menampilkan file-file yang sudah tidak dipergunakan lagi.
  6. Setelah proses diatas. Sebaiknya backup lagi sistem anda lagi.

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama