GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!

Translating posting

Cara Membuat Foto HItam Putih dengan Photoshop

Share on :
Cara Mudah Membuat Foto Hitam Putih dengan Photoshop !


Foto klasik hitam putih dengan diberi tambahan lightning gaya studio ini dapat dibuat dengan sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Pilih Foto yang Tepat

Pertama-tama, pilih sebuah foto close up yang pas untuk diberi efek ini. Foto close up yang sederhana, pencahayaan pas, dan background yang tidak terlalu mengganggu objek utama merupakan foto yang tepat untuk diberi efek ini. Tidak perlu foto studio untuk mendapatkan yang foto yang pas. Setelah tersedia, perbaikilah pencahayaan foto tersebut dengan memainkan parameter Level. Caranya, klik menu Image | Adjustments | Levels… Setelah histogramnya muncul, Anda dapat memodifikasinya dengan menggesergeser tab-nya seperlunya. Setelah mendapatkan yang pas, klik OK maka foto Anda kini lebih Contrast.

2. Tonjolkan Wajah dengan Cropping
Setelah diperoleh foto yang pas serta lebih baik pencahayaan dan warnanya, langkah selanjutnya adalah membuat foto ini memiliki objek utama yang menonjol. Dalam hal ini adalah wajah sang model harus benar-benar ditonjolkan. Cara untuk membuatnya menjadi dominan adalah membuang semua tepi-tepi objek yang mengganggu. Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan fasilitas Crop tool. Caranya, kliklah ikon pada toolbar di sebelah kiri halaman. Setelah itu buatlah area seleksi pada foto tersebut. Anda masih dapat memodifikasi area seleksi tersebut sebelum dipotong. Setelah pas, tekan Enter, maka area yang tidak terseleksi akan terpotong.

3. Hilangkan Pewarnaan Foto
Kini foto Anda sudah lebih siap untuk diberi efek klasik. Langkah selanjutnya adalah menghilangkan warnanya agar tampak klasik. Namun sebelumnya duplikasilah terlebih dahulu foto ini. Caranya, klik menu Layer | Duplicate Layer… Setelah menunya muncul, beri nama “Wajah” pada layer ini kemudian klik OK maka jadilah layer baru. Setelah selesai, kliklah layer Wajah dan hilangkan warnanya dengan mengklik menu Image | Adjustments | Hue/Saturation. Hilangkan warna dengan menggeser tab Saturation ke arah
paling pojok kiri atau isi dengan nilai -100. Setelah selesai maka foto Anda menjadi tidak berwarna.

4. Naikkan Contrast
Setelah warna hilang, langkah selanjutnya adalah menaikan contrast dari foto Anda ini. Contrast yang tinggi merupakan ciri-ciri dari foto klasik yang banyak beredar tahun 60-an. Untuk menaikan Contrast, Anda dapat melakukannya dengan cara mengklik menu Image | Adjustments | Brightness/Contrast… Setelah itu geserlah tab parameter Contrast hingga gambar tampak lebih terang. Geser tab hingga sesuai dengan selera Anda. Setelah itu klik OK maka foto Anda kini lebih contrast.

5. Pencahayaan ala Studio
Untuk menambahkan kesan klasik, Anda dapat sedikit “menipu” dengan membuat efek seperti sistem pencahayaan di studio yang kompleks. Anda dapat membuatnya dengan sangat mudah dengan bantuan efek rendering. Cara pembuatannya, kliklah menu Filter | Render | Lightning Effects… Setelah menunya muncul, aturlah arah dan jenis pencahayaan mana yang Anda suka. Sebaiknya beri cahaya tambahan di sekitar mata agar tampak lebih menonjol. Dalam uji coba ini kami menggunakan jenis lampu Spotlight. Setelah selesai mengatur arah dan kuatnya cahaya, klik OK maka Anda akan mendapatkan cahaya buatan pada foto.

6. Perlembut Foto dengan Blur
Setelah foto memiliki pencahayaan buatan, sebenarnya sudah tampak sangat klasik. Langkah selanjutnya adalah memperlembut foto ini agar tampak lebih nyaman dilihat
Caranya adalah dengan memberikan efek blur. Kliklah menu Filter | Blur | Gaussian Blur… Kemudian isilah nilai Radiusnya menjadi sebesar 1.5 pixel. Setelah itu klik OK, maka gambar Anda akan tampak lebih lembut. Turunkanlah nilai opacity layer Wajah dari 100% menjadi sekitar 85% saja. Dengan demikian foto Anda tampak sedikit lebih lembut karena efek penaikan contrast di atas membuat gradasi yang tajam antara area terang dan gelap.

7. Foto Klasik Selesai
Setelah semua langkah selesai, kini foto Anda berubah nuansanya menjadi lebih klasik dari sebelumnya. Membuatnya menjadi klasik tidak hanya dilakukan dengan menghilangkan warnanya saja, penambahan efek pencahayaan juga penting disini. Kreatifitas Anda dibutuhkan saat mengatur efek pencahayaan disini. Anda dapat membuat semua koleksi foto-foto Anda yang lain menjadi foto studio bernuansa klasik dengan langkah mudah ini. Selamat mencoba!

1 comments :

dadang said... October 7, 2014 at 2:37 PM

wah, bisa dipraktekan nih..kebetulan saya juga masih belajar photoshop ..
promo gadget

Post a Comment and Don't Spam!

SEBAGAI PEMBACA YANG BAIK, SEHARUSNYA MEMBERIKAN KOMENTAR. TAPI HARUS MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Google+ Followers

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Post