4 CARA MEMATIKAN KOMPUTER ATAU LAPTOP DENGAN BENAR DI WINDOWS 11

Halo Sobat Mangke Post

Salam sejaterah untuk kita semua

 

Sobat Mangke Post pasti sudah tidak asing dengan kata SHUTDOWN. Karena Shutdown dipakai oleh para pengguna Komputer atau Laptop untuk mematikan alat tersebut. Kata SHUTDOWN berasal dari bahasa inggris yang berarti “Matikan”. Ini merupakan jenis perintah pada Komputer untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan mematikan komputer dengan baik.

 

Intinya, ketika anda telah selesai menggunakan Komputer atau laptop seperti untuk kerja atau bermain game, dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu dekat, maka anda harus mematikannya terlenih dahulu dengan perintah ini. Namun, jika masih ingin menggunakan komputer dalam jangka waktu yang dekat, anda bisa menggunakan perintah SLEEP.

 

Artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang benar untuk mematikan komputer dengan perintah SHUTDOWN. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan dibawah ini.

 

MELALUI MENU START

Start merupakan elemen User Interface di Microsoft Windows yang berfungsi sebagai pusat peluncuran program aplikasi dan juga fitur lain seperti User, Setting, Power, dan lain-lain. Sekarang, Bagaimana cara mematikan komputer dengan menggunakan menu Start?

 

Pertama, klik tombol windows yang ada disebelah kiri bawah layar atau tekan tombol windows pada Keyboard anda. Kemudian klik Power, lalu klik Shutdown seperti pada gambar di bawah ini.

 


MELALUI POWER USER MENU

Kegunaan dari Power User Menu atau WinX memberikan pengguna komputer cara cepat untuk mengakses beberapa alat dan fitur yang paling sering digunakan. Salah satunya adalah untuk mematikan komputer atau laptop.

 

Cara mematikan komputer dengan benar melalui WinX adalah klik kanan pada tombol windows yang ada disebelah kiri bawah layar laptop atau tekan tombol Win+X pada Keyboard anda untuk membuka Power User Menu. Pilih Shut Down or Sign Out, lalu klik Shutdown seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

 


MELALUI SHUTDOWN WINDOWS

Mematikan komputer atau laptop melalui jendela Shutdown Windows yaitu dengan cara klik Desktop, lalu tekan tombol ALT+F4, kemudian pilih opsi Shutdown, tekan tombol Enter atau klik OK. Lihat gambar dibawah ini.

 


MENYETING TOMBOL POWER

Cara mematikan komputer atau laptop dengan menggunakan tombol power sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyetingnya di control panel. Fitur Power memiliki tiga option, yakni Sleep, Shutdown, Restart. Jika anda hanya menginginkan tombol Shutdown saja, itu sah-sah saja. Justru akan lebih memudahkan anda untuk mematikan komputer. Inilah langkah-langkahnya.

 

Buka Control Panel, kemudian pilih Hardware and Sound.


Pada pilihan Power Options, pilih Change what the power buttons do


Pada When I press the power button pililah Shutdown. Kemudian klik tombol Save Changes.


Sampai disini pembahasan tentang cara mematikan komputer atau laptop dengan menggunakan perintah Shutdown di windows 11. Semoga Artikel ini dapat membantu Sobat Mangke Post.

 

SELAMAT MENCOBA

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama