MANFAAT DAN KHASIAT DARI BUAH DELIMA

 

Siapa yang tidak tahu dengan buah delima. Buah yang enak dan segar untuk dimakan. Tetapi apakah pembaca tahu manfaat dan khasiat dari buah delima? mari simak pembahasannya dibawah ini.

Buah Delima atau disebut juga dengan Punica Granatum adalah buah dengan kulit keras di luar dan kumpulan biji didalam buah. Buah Delima berasal dari wilayah Iran, namun kini tersebar sampai ke seluruh dunia. Penyebaran dari Buah Delima melalui perdagangan dan budidaya. 

Karena rasanya yang manis dan segar, buah delima menjadi salah satu buah yang mendapatkan tempat khusus dihati banyak orang. Selain itu juga buah Delima terkenal karena khasiatnya yang besar bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah delima bagi kesehatan tubuh manusia :

  1. Kesehatan Jantung: Buah Delima diketahui mengandung Senyawa Antioksidan, Polifenol, dan Vitamin C yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Antioksidan pada buah delima juga dapat mengurangi peradangan dan menurunkan resiko penyakit jantung.
  2. Mengurangi Resiko Diabetes: Penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada orang yang mengidap Diabetes Tipe-2. Kandungan Polifenol pada buah ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada sel tubuh dan mengurangi resiko gangguan metabolik.
  3. Menurunkan Tekanan Darah: Senyawa Polifenol yang terdapat pada buah delima, diketahui dapat mengurangi tekanan darah. Sehingga dapat mejaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Pada buah delima juga sangat kaya dengan Vitamin C, yang dikenal dengan Antioksidan yang kuat. Vitamin C sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.
  5. Menjaga Kesehatan Kulit: Kandungan Polifenol pada buah delima diketahui dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar Ultraviolet dan kerusakan kulit lainnya. Antioksidan juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak.
  6. Menjaga Kesehatan Hati: Menurut penelitian, ekstrak buah delima dapat membantu melindungi hati dari kerusakan akibat stres oksidatif dan juga dapat membantu meningkatkan kinerja hati. 

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari Buah Delima. Selain manfaat kesehatan seperti yang ditulis di atas, buah delima juga diketahui dapat membantu melawan bakteri, virus, dan parasit, sehingga buah ini sangat berguna dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, konsumsi buah delima secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup pembaca (anda).

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama