AGAR BLOG ANDA DAPAT CEPAT DIKENALI OLEH GOOGLE



Sebagai seorang blogger, anda pasti tau dan mengerti apa itu yang dianamakan dengan PING. Namun, bagi anda yang belum mengerti apa itu PING dan masih awam dalam soal blog, maka tidak ada salahnya saya memberikan gambaran yang jelas tentang PING.

            Apa itu ping? Arti kata ping adalah bersiul yakni untuk memanggil. Lebih tepatnya memanggil robot search engine (mesin pencari) semisal google untuk menjelajahi halaman situs web atau blog yang di ping kan ke google agar cepat terindex.

Sebenarnya kalau situs web ataupun blog kita sudah terdaftar dan ada sitemap (peta situs) di google melalui google webmaster tools maka robot google akan mengindeks setiap halaman baru dari website blog maupun situs kita. Hanya saja waktu berkunjung atau kedatangan robot google untuk mengindeks halaman baru dari blog kita tidak pasti bisa cepat dan bisa juga lambat, dan sering kalinya lambat karena blog kita baru berkenalan dengan search engine google. Oleh karena itu perlu adanya pemberitahuan (ping) kepada robot google agar website maupun blog kita dapat segera di crawl (dijelajahi) oleh robot google (Googlebot) sehingga postingan kita dapat langsung masuk kedalam DATABASE hasil pencarian google.

Hanya sebagai saran saja. Mau di ikutin syukur ga mau juga ga apa-apa. Lebih baik dalam melakukan PING, jangan menggunakan layan ping dari PIHAK KETIGA. Karena bisa saja layanan PING dari pihak ketiga itu tidak berfungsi dengan baik, atau tidak bisa memanggil robot google. Sebelum menemukan cara ini, saya dahulu sering melakukan PING DARI layanan PIHAK KETIGA, tetapi setelah mengetahui ada PING dari pihak google, maka saya langsung memakai layanan PING resmi dari Google.

NAH, karena anda sudah mengerti apa itu PING dan kegunaannya, maka sekarang saya akan memberikan tips yang baik agar BLOG anda dapat terindex dengan baik di Google. Ada 2 cara, yakni otomatis dan manual.

CARA OTOMASTIS
Buka halaman Google Ping : http://googleping.com
Isi kolom “Blog Details” seperti :
Blog Name: Isi dengan Nama blog Anda
Blog Homepage: Isi dengan Url Blog Anda
RSS URL (optional): Isi dengan url feed blog Anda (boleh tidak di isi)
Email (required for some): Isi dengan alamat Email Anda
Setelah data tersebut terisi silahkan Klik tulisan “Check All” untuk mencentang semuanya. Setelah di centang semuanya, isi chapta atau tulis kode yang terlihat kemudian klik tulisan “Send Pings” maka ping blog kita akan di proses.

CARA MANUAL
2.      Masukkan alamar url yang akan di ping ke Google
3.      Kemudian klik tombol Submit Blog
4.      Selesai dan Googlebot akan berkunjung ke blog Anda untuk merayapi halaman url yang tadi Anda kirim (PING)

Ping juga merupakan sarana yang berguna untuk memperingatkan/memanggil mesin pencari dan direktori akan adanya pembaruan konten atau artikel dalam blog kita.


PERINGATAN
JANGAN TERLALU SERING MELAKUKAN PING AGAR TIDAK DI ANGGAP SPAM OLEH GOOGLE

Related Posts

6 Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

  1. remarkable article, I hope to bring benefit to us all the readers
    Greetings ... greetings bloggers

    BalasHapus
  2. Siip gan, saia selalu pakai googleping setelah selesai posting, lebih manteb gan

    BalasHapus
  3. Terimakasih sob, sedikit demi sedikit blog aku keindex google
    Informasinya bermanfaat, hehe

    Kunjungi blog ku juga yaa
    http://kara1007.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Kunjungan Perdana gan. Salam kenal . Semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  5. ni blog baru bikin dan pake ping google, emang keindex, tapi di halam 1 sampai 20 pun belum masuk, adakah cara cepat masuk ring depan?...

    BalasHapus

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama