PENDAFTARAN UTBK 2019 TELAH DIBUKA, LIHAT SYARAT DAN TAHAPANNYA



Tahun 2019 merupakan awal peraturan baru bagi siswa yang hendak mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ), karena siswa di wajibkan untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK ). Pelaksanaan UTBK dilakukan oleh Lembaga Tes masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dibawah naungan Kemenristek Dikti, yang kini merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Informasi mengenai UTBK dapat langsung diakses di https://ltmpt.ac.id. Ujian Tulis Berbasis Komputer ini dapat diikuti siswa lulusan 2017,2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat hingga lulusan Program Paket C Tahun 2017, 2018, dan 2019. Soal-soal ujian yang digunakan UTBK dirancang sesuai dengan kaidah akademik yang fungsinya untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Tes dilakukan lebih dari 1 (satu) kali, dan peserta boleh mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes.


PESERTA HANYA DIPERBOLEHKAN MENGIKUTI UTBK MAKSIMAL 2 (DUA) KALI , DENGAN KETENTUAN SEBAGI BERIKUT :
  • Kelompok Saintek 1 kali dan kelompok Soshum 1 kali, atau kelompok Saintek UTBK 2 kali dan Kelompok Soshum UTBK 2 kali.
  • Peserta yang ingin mengikuti Tes satu kali dapat mendaftar pada Gelombang Pertama ataupun gelombang kedua. Gelombang Pertama pada tanggal 1 – 24 Maret 2019 dan Gelombang Kedua tanggal 25 – 1 April 2019. Waktu pelaksanaan Tes untuk peserta gelombang pertama tanggal 13 – 4 mei 2019 dan waktu pelaksanaan Tes untuk peserta gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.
  • Bagi peserta yang ingin mengikuti Tes dua kali harus mendaftar di gelombang Pertama dan Kedua.


PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR UTBK
  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta dari Program Paket C tahun 2019.
  • Lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan dari Program Paket C tahun 2017 dan 2018
  • Membayar biaya Pendaftaran UTBK.


TAHAPAN PENDAFTARAN UTBK 2019
  • Klik Laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mendaftar dengan menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan Username dan Password.
  • Upload Pas Foto berwarna terbaru, mengisi Biodata, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi pusat UTBK PTN untuk mendapatkan Slip Pembayaran UTBK.
  • Membayar biaya pendaftran di Bank Mandiri,Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran. Kecuali peserta Bidik Misi tidak di pungut biaya. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  • Melakukan Login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  • Mengikuti UTBK sesuai dengan Jadwal dan lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih.


KETENTUAN MENGENAI BIAYA PENDAFTARAN UTBK :
  • Biaya yang ditanggung oleh peserta UTBK adalah Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) setiap mengikuti Tes.
  • Biaya dapat di bayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.
  • Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  • Calon peserta Bidik Misi yang dinyatakan Lulus persyaratan tidak di pungut biaya.

Update Info 03 Maret 2019
Berdasarkan Informasi dari Laman https://ltmpt.ac.id/ Pendaftaran UTBK ditutup sementara karena terdapat beberapa kendala diantaranya pemasalahan NPSN dan NISN, Sistem pembayaran  H2H (Host To Host) ke Bank Mitra LTMPT, maka di umumkan bahwa Pendaftaran UTBK akan dibuka kembali hari Senin, 04 Maret 2019 Pukul 08.00 WIB


Bagi Peserta yang telah terlanjur mencetak kartu peserta tetapi belum membayar, harap melakukan LOGIN kembali untuk menyelesaikan pembayarannya.




Sumber:
Lembaga Tes masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di Laman https://ltmpt.ac.id/

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama