CARA MENONAKTIFKAN WINDOWS FIREWALL PADA WINDOWS 11

Halo sobat Mangke Post

Salam Sejaterah untuk kita semua

 

Bagi sebagian orang yang awam akan firewall, mungkin fitur satu ini tidaklah begitu penting. Padahal firewall memiliki peranan penting dalam menjaga integritas Sistem Operasi Windows. Baik itu windows 10 maupun windows 11 yang kedua windows ini sekarang selalu di gunakan pada komputer atau laptop.

 

Firewall itu sendiri berfungsi untuk menjaga ancaman dari dalam maupun dari luar seperti internet. Dan secara umum, cara kerja firewall pada dasarnya adalah seperti penjaga pintu, dimana firewall dapat memblokir port network, dan memeriksa setiap aplikasi atau service di Windows 11 yang mencoba untuk terhubung ke internet. Jika ada warning dari firewall, maka akn muncul pesan identifikasi untuk memberikan izin atau menolak izin akses tersebut.

 

Bagi pengguna antimalware Kaspersky Internet Security atau sejenisnya, windows firewall biasanya langsung di nonaktifkan. Yang dipakai adalah firewall bawaan dari Kaspersky Internet Security atau aplikasi antimalware yang anda instal.

 

Apakah windows firewall bisa dimatikan? Jawabannya bisa. Dan untuk apa? Jawabannya adalah untuk keperluan penggunaan aplikasi sharing yang diharuskan untuk mematikan windows firewall. Karena jika windows firewall tidak di nonaktifkan, maka aplikasi tidak bisa di sharing dalam jaringan LAN.

 

Bagi yang ingin mematikan atau menonaktifkan windows firewall, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

 

PERTAMA. Buka Setting > Privacy & security > Windows Security > Firewall & network protection.

 


KEDUA. Klik pada Domain network, dan set Microsoft Defender Firewall ke Off seperti pada gambar dibawah ini 👇

Jika ada Notifikasi user account control, langsung aja klik Yes.

 

KETIGA. Lakukan juga yang sama untuk Private network dan Publik network.

 

Jika sudah seperti pada gambar di atas 👆, ada keterangan bahwa Firewall is off pada Domain network, Private network dan Publik network, maka windows firewall di windows 11 telah di nonaktifkan seluruhnya.

 

Gampang kan sobat Mangke Post? Silahkan dicoba.


NB: dengan menonaktifkan windows firewall berarti keamanan perangkat anda akan beresiko, terutama pada koneksi publik. Jadi gunakan untuk keperluan aja.

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama