CARA MERAWAT PRINTER BIAR AWET ATAU TIDAK CEPAT RUSAK



Halo sobat Mangke Post..

Salam Sejaterah untuk kita semua..


Printer.. adalah sebuah mesin untuk mencetak sebuah dokumen, gambar, dan lain-lain. Alat cetak yang sangat berguna untuk kita, apalagi yang bekerja kantoran. Maka dari itu printer harus di rawat dengan baik. Semakin kita merawat printer, maka usia printer akan semakin lama. Untuk itu anda pembaca Mangke Post harus tahu cara merawat printer dengan baik. Tutorial ini merupakan pengalaman saya ketika merawat printer.

  1. Lakukan Cetak dokumen minimal 1 kali seminggu. Jika printer anda sangat jarang untuk digunakan, sebaiknya lakukan cetak dokumen apa saja minimal seminggu sekali. Cara ini berguna agar tinta yang berada di dalam printer tidak membeku dan merusak sistem yang sedang berjalan didalam printer. Tinta printer yang membeku, mengakibatkan aliran tinta yang berada dalam printer menjadi tersumbat. Makanya untuk menghindari kerusakan ini, jangan lupa cetak dokumen 1x seminggu. Jangan sampe cartridge rusak dan harus mengganti dengan yang baru.
  2. Lakukan Maintenance. Kerusakan pada printer bukan hanya dengan tinta saja, tapi bisa juga kerusakan pada software yang tidak bagus dan adanya kesalahan pada sistem printer. Langkah yang bagus untuk masalah ini adalah lakukan pengecekan sistem dengan software bawaan printer. Biasanya jika ada kesalahan pada printer, maka lampu akan berkedip kedip terus ketika mencoba untuk cetak. Maintenance sebaiknya dilakukan minimal 1 bulan sekali. Supaya anda dapat mengetahui apakah sistem pada software printer mengalami masalah atau tidak. Jika anda tidak melakukan rutin maintenance, bisa jadi kerusakan printer akan semakin parah.
  3. Jangan Membebani Kinerja Printer. Mencetak dokumen dengan banyak kertas akan mengakibatkan kerusakan pada printer. Contoh: jika anda mencetak dokumen hingga 50 sampai 100 lembar dalam satu kali print, maka akan merusak printer. Mengapa bisa begitu ??? karena dengan mencetak terlalu banyak kertas dalam satu kali cetak, membebani kerja printer, atau printer bekerja terlalu keras. Memang masalah ini tidak langsung timbul, tetapi dengan anda membebani kerja printer, maka usia printer akan semakin pendek atau cepat rusak. Solusinya, jika anda mau mencetak misalkan 80 lembar, sebaiknya dibagi menjadi 4x cetak. satu kali cetak, istirahatkan printer sebentar minimal 5 menit, kemudian lanjut kembali mencetak. 
  4. Isilah Tinta Pada Waktu Yang Tepat. Maksudnya dalah jangan mengisi tinta ketika tinta sudah habis. apalagi tinta sampai kering habis. Alasannya adalah karena dinding saluran selang akan menjadi kerak sehingga menghambat dalam proses mencetak. Solusinya, lakukan pengisian tinta sebelum tinta menjadi kering atau habis. Misalkan, jika anda sudah ngeprint sekitar 100 sampai 150 halaman, sebaiknya lakukan pengisian tinta. Ingat, ketika membeli tinta harus sesuai dengan kode tinta yang ada di Cartridge. 
  5. Membersihkan Printer. Langkah ini wajib untuk dilakukan. Apalagi dirumah yang banyak cicaknya. Karena saya pernah menjumpai telor cicak ada dalam printer saya. dan itu merusak printer saya, dan harus diperbaiki. jadi sebaiknya lakukan permbersihan printer minimal sebulan sekali. Bukan saja dari Telor cicak, tetapi dari kotoran dan debu yang menempel pada printer. Karena kotoran dan debu dapat menghambat kinerja printer. Solusinya, lakukan pembersihan printer dengan menggunakan kain lembut, tisu, kuas halus dan lain sebagainya. lakukan pembersihan dengan sedikit air untuk menyingkirkan debu yang menempel. Setelah di bersihkan, jangan langsung dipakai printernya, keringkan dulu sampai printer benar-benar kering. 
Jika anda sudah mengerti dan tahu cara merawat printer, lakukanlah dengan rutin dan selalu berhati-hati. Karena printer juga mesin yang sensitif. tetapi jika dilakukan dengan hati-hati dan cermat, maka tidak perlu anda pergi ke tukang service hanya untuk melakukan perawatan printer. Cukup dirumah saja bisa.

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama