TUTORIAL CARA MENGHEMAT RAM DI GOOGLE CHROME DENGAN FITUR MEMORY SAVER

 Halo Pembaca yang budiman…


Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai Memory Saver pada Google Chrome. Fungsi dari memory saver ini adalah untuk meminimalkan penggunaan RAM dengan menonaktifkan tab yang tidak aktif (atau yang lama dibuka) secara sementara. Fitur ini telah ada dari google chrome versi 108.


Memory Saver akan sangat berguna bagi para pengguna Google Chrome yang sering kali membuka begitu banyak Tab. Kenapa? Karena dengan mengaktifkan fitur ini berarti dapat menghemat memory RAM. Jadi browser chrome ini menjadi cepat kinerjanya. Untuk yang memiliki RAM 16 GB keatas, memory saver tidak akan terlalu terasa, tapi bagi yang RAM 8 GB kebawah, fitur ini akan sangat bermanfaat. 


Bagaimana cara kerjanya ?


Setelah pengguna mengaktifkan memory saver, maka jika ada Tab yang dibuka terlalu lama tidak digunakan selama 5 menit, Tab tersebut akan disimpan atau lebih tepatnya di Suspend hingga Tab itu dibuka kembali.


Jika berminat untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah dibawah ini :


Langkah 1. Pastikan terlebih dahulu Google Chrome yang anda gunakan adalah versi 108 atau versi yang lebih baru. Caranya buka Google Chrome > klik Titik tiga yang ada di pojok kanan atas > Help > About Google Chrome.


Langkah 2. Setelah itu di bagian Setting Google Chrome, anda pilih opsi Performance, lalu Aktifkan Memory Saver.


Sampai disini, tutorial cara mengaktifkan Memory Saver telah selesai. Google Chrome telah siap digunakan. Tapi bagi yang ingin memberikan pengecualian pada salah satu situs dari Memory Saver, anda bisa menambahkan situs (Web/Blog) tersebut dalam daftar pengecualian dengan menekan tombol Add.


Caranya klik tombol Add yang sejajar dengan tulisan Always keep these sites active. Kemudian ketik situs yang anda inginkan, dan klik Add.


Selamat Mencoba..


Jangan Lupa komentarnya bagi yang sudah coba…

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama