CARA MENGATASI WIFI LAPTOP YANG TIDAK TERDETEKSI 100% BERHASIL

Halo sobat Mangke Post

Salam sejaterah untuk kita semua

 

Internet saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Karena dengan adanya internet, semua informasi yang kita butuhkan tersedia di intenet. Baik itu tutorial, ilmu pengetahuan, video-video, dan lain-lain. Koneksi internet pun sekarang ini tidak susah, bisa lewat Handphone, Laptop, Komputer, bahkan lewat televisi pun sekarang bisa.

 

Wifi merupakan koneksi internet. Dengan adanya wifi, kita dapat berselancar di dunia internet dan melakukan pekerjaan secara online, melihat informasi dan belajar secara online juga. Oleh karena itu keberadaan wifi sangat penting bagi kita yang menggunakan laptop.

 

Lalu bagaimana bila wifi pada laptop tidak dapat terdeteksi?? Jangan Panik!!!. Karena saya akan membagikan tutorial cara untuk memperbaiki wifi laptop yang tidak terdeteksi.

 

 

CARA PERTAMA : UPDATE DRIVER

 

Setiap komponen di dalam laptop atau komputer pastinya memiliki driver. Tanpa adanya driver, maka laptop atau komputer tidak dapat berjalan dengan baik dan lancar. Begitu juga dengan wifi laptop. Jika driver lama tidak diperbaharui, maka kemungkinan akan muncul masalah, seperti tidak terdeteksinya wifi yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu updatelah driver wifi dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuklah ke Device Manager dengan memencet tombol Windows + X di keyboard.

  2. Setelah terbuka window Device Manager, cari Network Adapters dan klik tanda panahnya. Pilih driver wifi laptop anda setelah itu klik kanan dan klik Properties. Ingat, setiap Laptop berbeda nama driver wifinya.

  3. Muncul window Driver Wireless, klik pada Menu Driver yang ada pada bagian atas. Kemudian klik pada Update Driver untuk memperbaharui driver wifi anda.

  4. Ketika Update Driver di klik, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. Klik pada Search Automatically for Updated Driver Software. Dan laptop akan melakukan update driver secara otomatis, tunggu beberapa saat.

 

CARA KEDUA : KONFIGURASI JARINGAN WLAN

 

Jika sudah melakukan cara pertama masih belum berhasil, coba lakukan cara kedua dengan mengkonfigurasi jaringan Wlan. Seperti yang kita tahu bahwa Wlan adalah sebuah jaringan komputer yang memanfaatkan gelombang sebagai penghubungnya. Wlan adalah jaringan Wifi yang saat ini sering kita gunakan. Berikut ini cara mengkonfigurasi jaringan Wlan agar Wifi sekitar dapat terdeteksi:

  1. Klik kanan pada Taskbar, kemudian klik Task Manager.

  2. Pada Task Manager, Klik Service, lalu klik lagi Menu Open Service.

  3. Cari Wlan Autoconfig. Klik kanan pada Wlan Autoconfig, lalu klik Properties.

  4. Setelah Jendela WLAN AutoConfig Properties muncul, klik pada Startup Type, lalu pilih Automatic. Kemudian pada Service Status, klik Start untuk menjalankan perintah. Tunggulah beberapa saat sampai perintah Start selesai atau tidak bisa lagi diklik, kemudian klik Apply dan OK.

Selamat Mencoba 🙏

Related Posts

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN RAMAH YA... THANKS... JBU...

Lebih baru Lebih lama